Headlines News :
Home » » Pengertian GSM ,CDMA dan Generasi Teknologi Mobile

Pengertian GSM ,CDMA dan Generasi Teknologi Mobile

Written By Mangku on Sabtu, 22 Oktober 2011 | 16.29


TUGAS I : Mata Kuliah Pengenalan TI
Pertanyaan :
1.      Apakah yang di sebut GSM ?
2.      Apakah yang di sebut CDMA ?
3.      Generasi dari teknologi mobile ?

Jawaban :


1.      GSM
GSM (Global System for Communication), yaitu : teknologi komunikasi digital yang khusus untuk handphone, pertama kali muncul tahun 1982 di benua Eropa, kemudian tahun 1991 dijadikan standar seluler di seluruh wilayah Eropa.
Operator GSM : simpati, as, XL bebas, XL jempol, mentari, im3, three. dll
2.      CDMA
CDMA (Code Division Multiple Access), yaitu : pemultipleksan dan metode akses bersama yang membagi jalur tidak berdasarkan waktu. Pertama kali diciptakan waktu Perang Dunia II oleh Inggris. CDMA juga digunakan untuk sinyal satelit seperti GPS (Global Position Sattellite).
Operator CDMA : smart, flexi, esia, fren, starone, ceria.
3.      Perkembangan Teknologi Dari Generasi Mobile :
·         1G
Teknologi Seluler Generasi Pertama. Ini adalah awal dimulainya industri telekomunikasi di dunia. Saat itu, ditandai oleh buruknya sambungan percakapan, kurangnya keamanan dan kapasitas yang rendah. Dari sini awal mula handphone berteknologi canggih bermunculan.
·         2G
Teknologi Seluler Generasi Kedua. Teknologi penerus 1G ini masih digunakan di berbagai belahan dunia, hingga saat ini. Teknologi 2G menawarkan kualitas lebih baik dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Di era ini, dimulailah pengiriman pesan singkat (SMS), meski terbatas dalam hal komunikasi data.
·         2.5 G
Teknologi ini merupakan transisi setelah teknologi 2G dan sebelum menginjak ke teknologi 3G. Teknologi ini menawarkan kapasitas transmisi data yang lebih besar. Di era ini pula, mulai dikenal layanan data berbasis GPRS (General Packet Radio Service). Di era ini, kecepatan akses data mencapai 56 kbps - 115 kbps.
·          2.75G
Teknologi ini merupakan transisi setelah teknologi 2.5G dan sebelum menginjak ke teknologi 3G. Teknologi ini menawarkan kapasitas transmisi data yang lebih besar. Di era ini pula, mulai dikenal layanan data berbasis EDGE(Enhanced Data for Global Evolution). Di era ini, kecepatan akses data mencapai 236.8 kbps.
·          3G
Teknologi ini pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 2001. Teknologi ini menawarkan kapasitas transmisi data yang lebih, sehingga dapat digunakan pada video conference, akses internet berkecepatan tinggi, download lagu/video, hingga streaming audio video. Di era ini pula, kecepatan akses data mencapai 384 Kbps - 2 Mbps.

·         3.5G
Teknologi ini merupakan transisi menuju ke teknologi 3G. Di era ini, kecepatan akses data mencapai 14 Mbps (DOWNLOAD) dan 5.8 Mbps (UPLOAD). Teknologi transfer data yang dipakai adalah HSPA+ (High Speed Packet Access).
·         4G
Teknologi ini merupakan penerus teknologi 3G. Teknologi ini, menawarkan layanan lengkap dan aman berbasis IP (Internet Protocol) secara penuh seperti akses internet berkecepatan 100 Mbps, IP telephony, layanan game online, multimedia streaming, dll. Ada 2 jalur teknologi di era 4G. Yang pertama merupakan kelanjutan 3G, yaitu teknologi LTE (Long Term Evolution). Yang kedua merupakan pengembangan WiFi, yaitu WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Dragon Nest BarongNET

Followers

Kotak Pesan

Klik Sponsor Donk!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekala Niskala™ - All Rights Reserved