Headlines News :

Kajang

Written By Mangku on Sabtu, 05 November 2011 | 22.09



Kajang adalah salah satu dari sekian banyak unsur - unsur kelengkapan yang digunakan dalam upacara pitra yadnya pengabenan. Di dalam lontar disebutkan bahwa kajang adalah surat walung kepala. Jika ingin memahami tentang kajang maka harus dipahami tentang tata cara upacara pengabenan. Dalam upacara pengabenan, banyak terdapat kelengkapan atau sarana – sarana upacara yang secara simbolis melambangkan tubuh manusia beserta unsur – unsurnya

           Dalam  upacara pengabenan tubuh manusia ada yang disimbolkan dan dibentuk dari tumbuh - tumbuhan misalnya dari tukon pisang jati. Disana juga disimbulkan utu adalah kepala, telor adalah mata serta bagian lainnya. Ada juga yang menggunakan uang kepeng yang disebut ukur, serta ada juga perlambangan tubuh manusia dalam bentuk gambar, yang dalam lontar maya tatwa disebutkan sebagai lambang unsur manusia dan unsur alam. Sedangkan Kajang adalah simbol tubuh manusi beserta unsur - unsurnya dalam bentuk sastra atau huruf.  Kajang sebagian besar terdiri dari sastra atau huruf bali, disamping juga biasanya terdapat beberapa rerajahan seperti rerajahan bedawang nala, naga dan yang lainya. Sastra di dalam kajang tersebut umumnya berisi tentang unsur – unsur panca maha bhuta di dalam tubuh manusia serta darimana unsur tersebut berasal dan kemana ia akan menyatu setelah manusi mati. 

         Kajang adalah sebuah pemaknaan bahwa manusi itu selain dibangun dari unsur panca maha bhuta, unsur atma atau ketuhanan  juga dibentuk dari sastra. Sehingga setiap manusia hendaknya semasa hidupnya menyempatkan diri untuk mempelajari sastra agama sebagai bekal dikehidupan kelak. Selain itu kajang juga merupakan simbolis dari roh atau atma dari manusia. Kajang tidak boleh dibuat oleh sembarang orang. Kajang dibuat dan dipelaspas oleh sang sulinggih atau sang dwijati yang mana untuk membuat sebuah sastra suci dan sakral seperti kajang diperlukan kesucian bathin dari yang membuatnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Dragon Nest BarongNET

Followers

Kotak Pesan

Klik Sponsor Donk!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Sekala Niskala™ - All Rights Reserved